Anak Kampus CPC - Support us

Sabtu, 21 Mei 2016

ANCAMAN BAGI ANAK

DSC_2919_20160521204112509.jpgTeringat nasihat dari Orangtua, ketika usia SAYA masih 13 tahun. Ayah berkata "Nak, kalau Papa dan Mama bisanya naik sepeda, kau diharapkan bisa naik motor, karena itu kau harus serius sekolah!..."

Tahun ke tahun, saya akhirnya menyadari jika pesan itu mengartikan kalau anak adalah investasi masa depan. Orangtua wajib memberikan jaminan kepada anak-anaknya, sehingga kelak dapat meraih masa depan. Jaminan itu bukan hanya materi, tapi perhatian dan pendampingan penuh kepada anaknya. Kita sudah memilih keputusan untuk menjadi Orangtua, maka kita harus konsisten dengan keputusan itu, terutama ketika diberikan karunia dari Tuhan yaitu anak, maka anak harus diperhatikan kehidupannya.

Sebaliknya, akibat dari gerak perkembangan zaman yang mempengaruhi gaya hidup masa kini, banyak terjadi kasus-kasus hubungan seks usia dini dan hamil diluar nikah yang disusul dengan sikap tidak bertanggung jawab. Sepasang kekasih, salah satunya hamil kemudian melahirkan, tanpa pikir panjang membuang anaknya sendiri. Ada diselokan, ada yang ditemukan pada pipa pembuangan WC, ada yang ditemukan warga di kebun-kebun dan sebagainya. Tidak hanya sampai disini saja, bahwa bayi yang baru dilahirkan seorang Ibu kemudian dijual kepada orang lain, bahkan dipersiapkan sebagai calon Pekerja Seks Komersial.

Menanggapi hal ini, bahwa sangat disayangkan sikap dari Orangtua itu atas apa yang dilakukan terhadap anak kandungnya sendiri. Sungguh ironis!

Perkembangan zaman dan kepadatan penduduk juga mengakibatkan pengaruh yang besar terhadap anak-anak., terkesan bahwa hak anak-anak mulai digeser. Sekarang ini sukar menemukan tempat bermain anak yang luas dan besar, mereka terhimpit pada pertumbuhan gedung-gedung bertingkat dan daya gantung atas penggunaan serta pengelolahan tanah. 

Dulu mereka mudah mencari tempat bermain, sekarang anak-anak sulit untuk mencari tempat bermain. Jika pun mereka sudah memperoleh tempat bermain, masih saja mereka tidak nyaman untuk bermain karena berbagai bahaya yang rentan terhadap mereka. Ancaman dan aksi teroris juga berdampak pada kenyamanan anak!
Ini masalah serius yang harus diperhatikan, sebab anak adalah masa depan bersama dan masa depan Negara! Jadi patut untuk diperhatikan!

Tidak ada komentar: